PEMBELAJARAN WACANA SEBAGAI LANDASAN DALAM BERLITERASI SASTRA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA

Yusep Ahmadi F

Abstract


Makalah ini berisi rekonstruksi pemikiran konseptual tentang hubungan pembelajaran wacana terhadap kemampuan berliterasi sastra untuk meningkatkan karakter siswa. Pembelajaran wacana merupakan proses membelajarkan siswa agar dapat memahami wacana sebagai sebuah konstruksi bahasa terlengkap. Selain memamahi, pembelajar wacana juga harus dapat memilki kecakapan dalam membuat bentuk-bentuk wacana termasuk wacana fiksi seperti puisi dan prosa sastra. Karya sastra sebagai hasil pemikiran dan penghayatan imajinatif dapat dijadikan media pembelajaran wacana yang secara bersamaan merupakan bagian dari literasi sastra. Pembelajaran wacana yang baik dan efektif serta berbasis sastra akan memudahkan siswa untuk dapat berliterasi sastra dengan baik pula. Selanjutnya ketika seorang siswa sudah dapat berliterasi sastra dengan baik maka akan terjadi peningkatan karakter siswa. Hal itu sejalan dengan tujuan pendidikan sastra, yakni (1) menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperlus wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa, dan: (2) menghargai dan mengembangkan sastra Indonesia sebagai budaya intelektual manusia Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Julaeha, Eutik. 2016. Struktur, Fungsi, dan Nilai-nilai yang Terkandung dalam Cerita Rakyat di Kecamatan Cugenangsebagai bahan dan Kegiatan Pembelajaran Menulis Dongeng di SMP untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter. dalam Jurnal Dinamika. Tahun VIII. No. 16. hlm. 56.

Latif, Yudi. 2009. Menyemai Karakter Bangsa: Budaya Kebangkitan Berbasis Kesastraan. Jakarta: Kompas.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Mulyana. 2005. Kajian Wacana: Teori, Metode, dan Aplikasi Prinsip-prinsip Analisis Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Munaris, 2011. Pemanfaatan Buku “Kecil-Kecil Punya Karya” Sebagai Bahan Pembelajaran Sastra Untuk Pengembangan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter. Tahun I. Nomor I. hlm. 87-97 tersedia di http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/download/1445/1234 diakses 20 Maret 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.