SASTRA BERMUATAN DAKWAH DAN PERKEMBANGANNYA DI INDONESIA

Yoga Yolanda

Abstract


Sastra memiliki fungsi untuk menyampaikan pesan dari pengarang pada pembaca. Funsi ini membuat karya sastra dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan dakwah. Salah satu inovasi dalam dakwah adalah memasukkan muatan dakwah pada karya sastra. Hal ini memanfaatkan sifat sastra yang bebas dan memperhatikan keindahan dalam penggunaan bahasa, serta merupakan cerminan budaya masyarakat sehingga lebih mudah diterima oleh pembaca. Sastra yang memuat pesan dakwah banyak ditemukan di Indonesia, bahkan berkembang dengan baik. Hal ini menjadi bukti bahwa sastra bermuatan dakwah diterima dengan baik oleh pembaca karya sastra. Sastra bermuatan dakwah telah ada dalam kesusastraan Indonesia sejak munculnya karya seperti Azab dan Sengsara dan Siti Nurbaya. Saat ini, sastra bermuatan dakwah dapat dikatakan menempati tempat yang tinggi dalam dunia kesusastraan Indonesia. Karya-karya seperti yang ditulis oleh sastrawan seperti Habiburrahman El Shirazy dan Tere Liye sering mendapat kategori best seller. Oleh karena itu, makalah ini ditulis dengan tujuan memaparkan sastra dakwah yang telah menjadi fenomena dalam dunia sastra di Indonesia. Secara berurutan akan disampaikan konsep sastra dan dakwah; sastra sebagai media dakwah; dan perkembangan karya sastra bermuatan dakwah di Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Ari, Alfina. 2013. Sinopsis Novel Rembulan Tenggelam diwajahmu. http://impianphiena.blogspot.com/2013/03/sinopsis-novel-rembulantenggelam-di.html. [diakses pada 20 Oktober 2016].

Fahmi, L. 2015. Estetika Struktural Sastra Dakwah dalam Assalamualaikum Beijing, Surga yang Tak Dirindukan, dan Jilbab in Love Karya Asma. Konferensi Nasional Bahasa dan Sastra III. 30—31 Oktober 2015, Hlm 261-266.

Faizah & Effendi, L. M. 2006. Psikologi Dakwah. Jakarta: Prenada Media.

Faruk. 1997. Memasuki Dunia Sastra Imajiner: Soal Sastra Mutakhir dan Kritiknya. Jurnal Humaniora 1997 (4). http://10.13.253.11.ezproxy.ugm.ac.id/jurnal/detail.php?dataId=8300 [Diakses pada 20 Oktober 2016].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.