MENUMBUHKAN NILAI-NILAI KEBANGSAAN SEJAK DINI MELALUI SASTRA ANAK

Purbarani Jatining Panglipur

Abstract


Sastra anak merupakan sastra yang ditulis orang dewasa dan ditujukan untuk anak-anak. Sastra anak juga sastra yang memang ditulis oleh anak-anak. Sastra anak mengandung nilai-nilai, termasuk nilai-nilai kebangsaan untuk bertoleransi, berbudaya, beragama, dan sebagainya. Nilai-nilai kebangsaan merupakan nilai-nilai yang harus ditanamkan kepada setiap warga Indonesia agar memiliki karakter yang baik terutama tetap mencintai negaranya. Melihat keadaan yang ada saat ini, anak-anak sudah mulai kehilangan nilai-nilai kebangsaannya. Oleh karena itu, sejak dini nilai-nilai karakter perlu ditanamkan agar kelak menjadi pribadi yang baik, berkarakter baik, dan bisa menanamkan nilai-nilai kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengahadapi tantangan di era global. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan sejak dini adalah melalui sastra anak. Sastra anak dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan sejak dini karena sastra anak menarik dan mengandung nilai-nilai yang baik melalui cerita-cerita yang digambarkan ataupun karakter-karakter tokoh yang ada dalam cerita. Keberadaan sastra anak dapat digunakan sebagai langkah awal menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan untuk menghadapi berbagai tantangan di era global. Makalah ini membahas secara lebih mendalam terkait pemanfaataan sastra anak sebagai sarana menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan untuk menghadapi tantangan-tantangan di era global.

Full Text:

PDF

References


Adisusilo J.R., Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter: Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Balitbang. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Kemendiknas.

Ian. 2017. Penyesalan Wayan. Kompas.

Irwanto, Bambang. 2017. Pupi dan Tummi. Kompas.

Kurniawan, Heru. 2009. Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotika, Hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nurgiyantoro, Burhan. 2016. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: UGM Press.

Rumidjan. 2013. Dasar Keilmuan dan Pembelajaran Sastra Anak SD. Malang: FIP UM.

Sarumpet, Riris Toha. 2010. Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Vina Maria. 2017. Ryza dan Nasi. Kompas.

Winarni, Retno. 2014. Kajian Sastra Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yaquul. 2016. Nilai Ideal/Dasar, Instrumental dan Praksis dari Pancasila dan Contoh Prilaku. (online), (http://www.yaquul.com/2016/08/nilai-dasar-instrumental-praksis-pancasila.html), diakses 20 April 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.