PERTIMBANGAN PEMILIHAN TEKS BACAAN DALAM PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN MEMBACA

Nurul Shofiah

Abstract


Pemilihan teks bacaan yang disesuaikan dengan pembaca sangatlah diperlukan. Pemilihan teks bacaan yang sesuai akan menentukan proses pemahaman informasi dalam teks bacaan. Dalam kegiatan membaca di kelas, guru perlu melakukan pemilihan teks yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Pemilihan teks yang tepat dan sesuai juga bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam membaca. Apabila teks sesuai dan tepat, siswa akan memandang kegiatan membaca adalah hal yang menyenangkan. Artikel ini membahas terkait bagaimana memilih teks yang sesuai untuk siswa. Hal tersebut didukung dengan penjelasan terkait faktor-faktor memilih teks berdasarkan pembaca dan juga isi teks. Pemilihan teks yang berhubungan dengan siswa yakni skemata: prior dan background knowledge, world knowledge, perkembangan kognitif dan minat. Faktor-faktor lain yakni terkait dengan teks dan pembaca: konten, relevansi, dan kosakata

Full Text:

PDF

References


Aerts, D, dkk. 1994. World Views: From Fragmentation To Integration. Brussels (Belgium): VUB Press.

Carrell, P.L. 1983. Some Issues in Studying The Role of Schemata or Background Knowledge in Second Language Comprehension. In J.C. Alderson and A.H. Urquhart (eds), Reading in a Foreign Language Volume12(p.81—92). London: Longman.

Arias, Ivannia J. 2007. Selecting Reading Materials Wisely. Letras 41. (p. 131-151). Costa Rica: Universidad Nacional.

Casson, R.D. 1983. Schemata in Cognitive Anthropology: Annual Review of Anthropology, Vol. 12, (p. 429-462). Ohio: Annual Review Inc.

Chall, J.S. 1947. The Influence of Previsious Knowledge on Reading Ability (p.225—230). Educational Research Bulettin 26.

Cook, J. L. dan Cook G.. 2005. Child Development: Principles & Perspectives. Boston: Allyn & Bacon.

Day, Richard. 1994. Selecting a Passage for the EFL Reading Class. Forum, 32,1. (p.20)

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Elliot, S. N., Kratochwill, T. R., Cook, J. L. & Travers, J. F. 2000. Educational Psycology: Effective Teaching, Effective Learning, Third Edition. United States of America: McGraw-Hill Companies, Inc.

Feldman, R,S. 1990. Pengantar Psikologi : Understanding Psychology. Jakarta: Salemba Humanika.

Fox, G. 1989. Text Selection and the Role It Plays in Motivation. The Language Teacher 10 (pp. 8—10).

Harsiati, T. 1992. Sumbangan skemata formal, skemata isi, dan minat terhadap kemampuan memahami lapis makna puisi mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Malang. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang

Hirsch,E.D.Jr. 2003. Reading Comprehension Requires Knowledge of Words and the World: Scientific Insights into the Fourth-Grade Slump and the Nation’s Stagnant Comprehension Scores. American Educator. American Federation Of Teachers:10-45

Joubish, M.F dan Khurram, M.A. 2011. Cognitive Development in Jean Piaget’s Work and its Implications for Teachers. World Applied Sciences Journal 12 (8) 1260-1265).

Kemendikbud. 2014. Peristiwa dalam Kehidupan: Buku Tematik Tema 2 kelas V SD Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang.

McLeod, S. 2012. Jean Piaget. (http://www.simplypsychology.org/piaget.html diakses pada tanggal 25 April 2017)

Mahyuddin,R. 2001. Penggunaan Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Sumbersari III Malang. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang.

Mesmer, H. A. E. 2008. Using Text Analysis Tools to Match Readers to Texts. Tools for Matching Readers to Texts: Research-Based Practices (p1—10). New York: Guilford Press.

McNamara, D. S., Ozuru, Y, dan Floyd, R. 2011. Comprehension challenges in the fourth grade: The roles of text cohesion, text genre, and readers’ prior knowledge (p. 229-257). International Electronic Journal of Elementary.

Nugiantoro, B. 2005. Tahapan Perkembangan Anak dan Pemilihan Bacaan Sastra .Anak Jurnal Cakrawala Pendidikan, Th. XXIV, No. 2 (p. 197—222). Yogyakarta : FBS Universitas Negeri Yogyakarta

Ontario Ministry of Education, 2003. Early Reading Strategies: The Report of the Expert Panel on Early Reading in Ontario. Toronto: Author.

Piaget, J. 1985. The Child and Reality: Problems of Genetic Psychology. Ed Arnold Rosin. New York: Penguin Books.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.