NILAI-NILAI RELIGIUS NOVEL KOOONG KARYA IWAN SIMATUPANG DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA

Haryadi Haryadi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang ketaatan dan penyimpangan tokoh utama dalam novel Kooong karya Iwan Simatupang terhadap nilai-nilai religius. Penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi. Desain penelitian berupa pengajuan pertanyaan, pengumpulan data, dan penginterpretasian data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat ketaatan dan penyimpangan tokoh utama. Bentuk ketaatan adalah akidah sebanyak 12 kali, syariah 8 kali, dan akhlak sebanyak 6 kali. Sedangkan bentuk penyimpangan yang dilakukan tokoh utama adalah akidah sebanyak 3 kali, syariah sebanyak 1 kali, dan tidak ada penyimpangan akhlak. Ketaatan tokoh utama terhadap pokok-pokok ajaran Islam dalam novel tersebut menunjukkan bahwa tokoh tersebut seorang muslim yang baik, yang selalu mentaati dan mengamalkan ajaran Islam, sehingga dalam hidupnya selalu diwarnai tindakan-tindakan Islami. Penyimpangan terhadap pokok-pokok ajaran Islam yang dilakukan tokoh utama dalam novel tersebut menggambarkan bahwa dalam kehidupan sehari-hari seorang muslim tidak akan lepas dari kekilafan dan kesalahan terhadap ketentuan-ketentuan ajaran agama. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan bagi seorang muslim yang taat beribadah sekalipun dapat terjerumus ke dalam lembah dosa. Lebih-lebih seorang muslim yang taraf keimanannya masih rendah akan mudah terjerumus ke dalam masalah-masalah yang dilarang agama. Dengan demikian, nilai-nali religius yang terdapat dalam novel tersebut bermanfaat bagi guru dan siswa di SMA dalam menunjang pembelajaran apresiasi sastra Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Education Study Program Indonesian language and literature faculty of teacher training and education science.

Inayati Istiana, Inni. 2013. “Aktualisasi Diri Tokoh Keenan dalam Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari (DEE) dalam Alayasastra, Jurnal Ilmiah Kesusastraan 9(2). hh. 135—146.

Iswandari, Retno. 2011. “Iwan Simatupang & Tokoh-tokoh Imajinernya.” Basis. 60 (11—12). hh. 28—31.

Jauhari, Heri. 2010. Cara Memahami Nilai Religius dalam Karya Sastra dengan Pendekatan Reader’s Response. Bandung: Arfino Raya.

Khristiyanti, Dian, 2013, “Analisis Tokoh dan Penokohan Sri dalam Novel Pada Sebuah Kapal Karya NH. Dini, Alayasastra Jurnal Ilmah Kesausatraan, 9(1).

Kusumawati, Yulia. 2013. “Nilai-nilai Religiositas Novel Moga Bunda Disayang Allah Karya Tere Liye dan Skenario Pembelajarannya di SMA Kelas XI” Jurnal Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Purwarejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo. 01(2), h.113.

Layun Rampan, Korrie. 2013. Antologi Apresiasi Sastra Indonesia Modern. Yogyakarta: NARASI.

Mangunwijaya, Y.B. 1982. Sastra dan Religiositas. Jakarta: Sinar Harapan.

Minderop, Albertine. 2011. Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Nurgiyantoro, Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Tri Priyatni, Endah. 2010. Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wellek, Rene & Austin Warren. 2014. Teori Kesusastraan. Diindonesiakan oleh Melani Budianta. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.