KARAKTERISTIK NOVEL SENJA DI JAKARTA KARYA MOCHTAR LUBIS SEBAGAI ALASAN PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH

Emy Rizta Kusuma

Abstract


Novel merupakan salah satu karya sastra berbentuk prosa. Pada dasarnya novel bertujuan sebagai media penyampaian pesan dari penulis pada pembaca. Pesan-pesan yang terkandung dalam novel biasanya berkaitan dengan kehidupan dan situasi yang sedang terjadi ketika novel tersebut ditulis. Sebagai, karya sastra yang memiliki kaitan dengan nilai-nilai kehidupan tentunya peserta didik perlu membaca beragam jenis novel guna mengembangkan pengetahuan dunia yang dimiliki. Akan tetapi, tidak semua novel pantas untuk diajarkan pada peserta didik, sebab pada kenyataannya banyak novel yang di dalamnya mengandung unsur SARA. Oleh sebab itu, Guru perlu memilah dan memilih bacaan mana yang bisa dijadikan bahan pembelajaran sastra di sekolah. Bahkanguru juga sangat perlu untuk memahami karakteristik yang ada pada bacaan yang akan diajarkan pada peserta didik. Tujuannya adalah agar novel yang terindetifikasi SARA dapat dimodifikasi menjadi bacaan yang mudah dibaca dan tidak lagi mengandung unsur SARA. Salah satu bahan bacaan sastra yang dapat dikembangkan menjadi bahan pembelajaran sastra dandapat diajarkan pada pembelajaran sastra di sekolah adalah novel “Senja di Jakarta” karya Mochtar Lubis. Novel tersebut sesuai menjadi bahan pembelajaran sastra di sekolah karena di dalamnya mengandung nilai moral yang nantinya dapat berguna dalam kehidupan sosial siswa.

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. 2013. Kurikukulum 2013, Kompetensi Standar Mata Pelajaran Bahasadan Sastra Indonesia. Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SMP dan M.Ts. Jakarta: Depdiknas.

Endraswara, Suwardi. 2003. Membaca, Menulis, Mengajarkan Sastra. Yogyakarta: IKAPI.

Faruk. 2014. Pengantar Sosiologi Sastra: dari Strukturalisme Genetik sampai Post-modernisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Harsiati, Titik. 2013. Asesmen Pembelajaran Bahasa Indonesia. Malang: Universitas Negeri Malang.

Lefevere, Andre.1977. Literary Knowledge: A Polemical and Programmatic Essay on Its Nature, Growth, Relevance, adn Transmission. Netherlands: Van Gorcum and Comp. B.V.

Lubis, Mochtar. 2009. Senja di Jakarta. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Suwondo, Tirto. 2003. Studi Sastra: beberapa Alternatif. Yogyakarta: Hanindita Graha Widya.

Toha-Sarumpaet, Riris K. 2002. Sastra Masuk Sekolah. Magelang: Indonesiatera.

Wahyuni, Sri dan Ibrahim, Abdul Syukur. 2012. Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.