INDONESIA MENURUT SISWA SMA DALAM PUISI KARYA PENYAIR INDONESIA

Ekarini Saraswati

Abstract


Respons pembaca merupakan pendekatan pembelajaran untuk mengetahui pendapat siswa tentang isi yang terdapat di dalam suatu karya sastra berdasarkan pengetahuan yang mereka miliki. Bagaimanakah pendapat siswa SMA tentang Negara Indonesia yang dikemukakan penyair dalam karyanya? Siswa SMA merupakan siswa yang secara mental sudah memiliki kemampuan berpikir logis dan analitis. Di dalam memberikan pendapat tentu mereka melibatkan pengetahuan yang telah mereka miliki dari berbagai konsep yang mereka pelajari dari berbagai mata pelajaran. Ada lima penyair yang dipilih yang menciptakan puisi dengan mengangkat situasi Indonesia, yakni Rendra dengan puisinya “Sajak Sebatang Lisong” yang menggambarkan karut marutnya kehidupan rakyat Indonesia, Taufik Ismail dalam puisi “Malu Aku Jadi Orang Indonesia” yang bercerita tentang Indonesia yang sudah kehilangan jati dirinya karena akhlak para pemimpin yang tidak amanah, Emha Ainu Najib dengan puisi “Sesobek Buku Harian Indonesia” yang menggambarkan keadaan Indonesia yang tidak manusiawi, Hamid Jabbar yang mengungkapkan Indonesia dalam puisi “Indonesiaku” menceritakan bagaimana rakyat Indonesia tidak memiliki kemerdekaan di negerinya, dan terakhir Agus Sarjono bercerita tentang Indonesia dalam puisi “Di Sebuah Restoran Indonesia” yang menggambarkan keadaan politik Indonesia pada zaman reformasi. Analisis yang dilakukan dari segi unsur teks, budaya, social dan psikologi siswa dalam memberikan respons terhadap puisi yang dibaca. Dari segi unsur teks mereka mengemukakan sepuluh diksi yang menarik yang terdapat di dalam puisi yang dibaca dan pencitraan. Dari segi budaya mereka mengetahui beberapa hal, namun tidak untuk hal-hal yang lainnya yang tidak dialami mereka. Dari aspek social siswa laki-laki dan perempuan memiliki pandangan yang berbeda tentang keadaan Indonesia yang dibaca dalam puisi. Dari segi psikologi mereka sudah dapat memberikan tannggapan yang cukup kritis terhadap keadaan Indonesia saat ini.

Full Text:

PDF

References


Probst, R.E. 1988. Response and Analysis: Teaching Literature in Junior and Senior High School. Portsmooth: Boynton/Cook Publisher.

Santrock, John W. 1999. Life-Span Development. Boston: McGraw-Hill College

Teeuw, A. 1991. Membaca dan Menilai Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.