POTRET PEMERINTAH INDONESIA UNTUK MEMPERKOKOH NILAI KARAKTER BANGSA DALAM CERPEN TANGAN-TANGAN BUNTUNG KARYA BUDI DARMA

Umi Nurfadila

Abstract


Penelitihan ini mendiskripsikan tentang potret pemerintahan Indonesia. Pemerintahan Indonesia saat ini bangga akan jabatannya dan lalai akan amanahnya. Kendati pemerintahan jelek di mata masyarakat, mereka tetap bisa memimpin dan dihormati. Metode yang digunakan dalam penelitihan ini adalah metode penelitihan kualitatifdengan menggunakan pendekatan kritik strukturalisme genetik. Sumber data dalam penelitihan ini adalah cerpen Kompas yang berjudul Tangan-tangan Buntung karya Budi Darma. Hasil penelitihan menunjukkan tentang (1) fakta kemanusiaan digambarkan melalui prilaku para tokoh untuk mencapai tujuan yang diinginkan, (2) subjek kolektif tampak pada cerpen dengan adanya revolusi kultural politik yang dilakukan para tokoh, (3) pandangan dunia tampak pada gagasan pengarang tentang tokoh dalam cerita mengunjungi negara lain, dan (4) struktur karya sastra digambarkan melalui ekspresi pandangan dunia melalui relasi sosial baik melalui objek-objek yang ada pada cerita, ataupun dengan para tokoh lainnya. Cerpen ini merupakan sebuah kritikan untuk membangun karakter bangsa yang lebih baik dari sebelumnya, terutama karakter pemimpin bangsa Indonesia yang menjadi figure atau contoh masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. 2010. Potret Manusia Indonesia dalam Cerpen “Derabat” Karya Budi Darma. Parafrase Vol. 10 No. 01 Februari 2010, 40-48.

Darma, Budi. 2004. “Sastra dan Kondisi Sosial Politik”. Makalah. Disajikan pada acara Festival Seni Surabaya tanggal 12 Juni 2004.

Dirgantara, Yuana Agus. 2012. Pelangi Bahasa Sastra dan Budaya Indonesia. Yogyakarta: Garudhawaca.

Faruk. 2010. Pengantar Sosiologi Sastra dari Strukturalisme Genetik sampai Post-Modernisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Faruk. 2014. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Purba, Antilan. 2010. Pengantar Ilmu Sastra. Medan: USU Press.

Suhariyadi. 2014. PENGANTAR ILMU SASTRA: Orientasi Penelitian Sastra. Lamongan. CV. Pustaka Ilalang Group.

Suwardi Endraswara. 2003. Metodologi Penelitian Sastra: Epistimologi,Model, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: FBS UNY.

Wahyuni, L. 2016. Pembentukan Citra Diri dalam Puisi Kau Ini Bagaimana atau Aku Harus Bagaimana Karya KH. A. Mustofa Bisri. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, Vol. 2 No. 2, 187-194.

Wicaksono, A. 2014. Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.