TRANSFORMASI NILAI RELIGIUS TOKOH UTAMA DALAM NOVEL BAIT-BAIT MULTAZAM KARYA ABIDAH EL KHALIEQY

Rani Rahmawati

Abstract


Sastra tidak terlepas dari nilai-nilai yang ada dalam kehidupan manusia. Nilai religius berperan penting bagi kehidupan manusia yang beragama. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan transformasi nilai religius tokoh utama dalam novel Bait-Bait Multazam karya Abidah El Khalieqy dan (2) mengungkapkan dampak transformasi nilai religius tokoh utama novel Bait-Bait Multazam karya Abidah El Khalieqy terhadap kehidupannya dengan pendekatan religius. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Bait-Bait Multazam karya Abidah El Khalieqy. Data penelitian ini berupa sekuen cerita seperti kalimat, paragraf yang sesuai dengan transformasi nilai-nilai religius. Teknik analisis data yaitu menganalisis, menginterpretasi, dan menarik simpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan (1) transformasi nilai religius tokoh utama yang bernama Henry, mulai dari seorang Kristen yang taat, kemudian hidup menjadi anak jalanan yang dekat dengan barang-barang haram, hingga akhirmya menemukan Islam dan menjadi mualaf dan (2) dampak transformasi nilai religius yang diperoleh yaitu tokoh utama bisa menjalani kehidupannya dengan lebih baik dan menjadi muslim sejati yang bahkan melebihi sebagai seorang muslim sejak lahir.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Bambang Syamsul. 2008. Psikologi Agama. Bandung: CV Pustaka Setia.

Bruce, Steve. 2003. Fundamentalisme Pertautan Sikap Keberagamaan dan Modernitas. Terjemahan Herbhayu A. Noerlambang. Jakarta: Erlangga.

Dewi, Ernita. 2012. Transformasi Sosial dan Nilai Agama. Jurnal Substantia, (Online). Vol. 14, No. 1,

Khalieqy, Abidah El. 2015. Bait-Bait Multazam. Yogyakarta: Penerbit Bunyan.

Khozin. 2004. Refleksi Keberagamaan dari Kepekaan Teotologis Menuju Kepekaan Sosial. Malang: UMM Press.

Morris, Brian. 2003. Antropologi Agama: Kritik Teori-Teori Agama Kontemporer. Terjemahan Imam Khoiri. Yogyakarta: AK Group.

Pradopo, Rachmad Djoko. 2011. Prinsip-prinsip Kritik Sastra. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sahlan, Asmaun. 2010. Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah: Upaya Mengembangkan PAI dari Teori ke Aksi. Malang: UIN-Maliki Press.

Sugiarti. 2013. “Pemikiran Kritis Abidah El Khalieqy dalam Novel Geni Jora”. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Bahasa, Sastra dan Pembelajaran kerjasama Prodi Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah FKIP UMM dengan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Saraswati Tabanan Bali di Universitas Muhammadiyah Malang, 19 Juni 2013.

Sugiarti. 2016. Kesadaran Ketuhanan Tokoh Utama dalam Kumpulan Cerpen Ketika Mas Gagah Pergi dan Kembali Karya Helvy Tiana Rosa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Vol. 2 No. 1, 90-97.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.