ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERPINDAHAN PELANGGAN PADA TOKO RETAIL KOMPUTER USAHA DAGANG MITRAKOM YOGYAKARTA

Mardianto Mardianto, Sutanto Sutanto Aftoni

Abstract


Penelitian ini bertujuan menguji faktor pengaruh perpindahan pelanggan pada toko retail komputer usaha dagang Mitrakom Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuatntitaif. Populasi penelitian ini adalah pelanggan yang melakukan transaksi pada toko retail komputer usaha dagang Mitrakom Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling. Data penelitian mulai dikumpulkan semenjak tanggal 15 September 2018 – 15 November 2018. Jumlah kuesioner yang disebarkan berjumlah 135 eksemplar. Hasil uji validitas dan reliabilitas sudah valid dan reliabel. Selanjutnya hasil penelitian melalui analisis statistik telah membuktikan kebenaran keempat hipotesis dalam penelitian ini.  Mengacu pada hasil penelitian ini maka untuk dapat menekan perpindahan pelanggan pada usaha dagang Mitrakom perlu upaya perbaikan terhadap kebijakan harga untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperbaiki komponen potongan harga dalam meningkatkan strategi rintangan pengalihannya. 

Keywords


Tingkat kepuasan pelanggan, rintangan pengalihan, keluhan pelanggan dan perpindahan pelanggan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.