ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK GO-PAY MENGGUNAKAN MODEL MODIFIKASI UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 (UTAUT2)

Alfia Nuriska, Salamatun Asakdiyah, Rai Rake Setyawan

Abstract


Sistem pembayaran di Indonesia berkembang mengikuti kemajuan teknologi dan menghasilkan inovasi-inovasi baru, antara lain adanya uang elektronik. PT Dompet Anak Bangsa, anak usaha PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Go-Jek) selaku pemegang lisensi uang elektronik Go-Pay, merupakan salah satu dari 32 perusahaan yang telah mendapatkan ijin menyelenggarakan uang elektronik dari Bank Indonesia. Pertumbuhan transaksi yang tinggi dengan Go-Pay yang diraih oleh Go-Jek tidak akan bertahan jika tidak disertai dengan upaya meningkatkan kualitas layanan dan memahami preferensi konsumen dalam menggunakan Go-Pay. Oleh karena itu, perlu diidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat pengguna dalam menggunakan Go-Pay. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat dalam penggunaan uang elektronik Go-Pay dengan model modifikasi Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa kuesioner. Populasi pada penelitian ini yaitu pengguna Go-Pay yang berdomisili di Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga faktor yang siginifikan dalam mempengaruhi minat penggunaan uang elektornik Go-Pay yaitu Habit (kebiasaan), Facilitating Condition (kondisi yang memfasilitasi), dan Price Value (Nilai Harga). 

Keywords


teknologi finansial, uang elektronik, Go-Pay, UTAUT2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.