ANALISIS PENGARUH PERSEPSI KEBERMANFAATAN, KEAMANAN, KEPERCAYAAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN ONLINE BANKING GENERASI X, Y, DAN Z

Husnayetti Husnayetti, Ellya Sestri

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh faktor persepsi kebermanfaatan, keamanan, kepercayaan dan kemudahan terhadap minat menggunakan online banking pada generasi X,Y dan Z di daerah Tangerang Selatan. Peneliti menggunakan data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada responden (generasi X,Y dan Z). Semua sampel yang diambil harus memenuhi kriteria sebagai berikut: 1) responden bertempat tinggal di Tangerang Selatan dan 2) telah menggunakan online banking. Analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial untuk generasi X, persepsi kebermanfaatan, keamanan, dan kemudahan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan online banking, sedangkan persepsi kepercayaan berpengaruh negatif terhadap minat menggunakan online banking di daerah Tangerang Selatan. Sementara itu untuk generasi Y persepsi kebermanfaatan dan kemudahan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan online banking sementara persepsi keamanan dan kepercayaan berpengaruh negatif terhadap minat menggunakan online banking. Untuk generasi Z persepsi kebermanfaatan, kepercayaan dan kemudahan dalam menggunakan online banking berpengaruh positif, sedangkan persepsi keamanan berpengaruh negative terhadap minat menggunakan online banking. Adapun analisa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan pada persepsi kebermanfaatan, keamanan, kepercayaan dan kemudahan dalam menggunakan online banking dengan nilai R 2 sebesar 62,5% untuk generasi X, 61,7% untuk generasi Y dan 65,1% untuk generasi Z.

Keywords


Kebermanfaatan, Keamanan, Kepercayaan, Kemudahan, dan Online Banking

Refbacks

  • There are currently no refbacks.