Mengelola Pendidikan Islam Berbasis Nilai Profetik

Ahmad Fatoni

Abstract


Diakui atau tidak, tinta merah masih mewarnai umumnya pendidikan negeri ini. Harapan di pundak peserta didik untuk menjadi generasi ideal di masa depan, tampak jauh panggang dari api. Justru perilaku immoralitas yang mengepidemi para peserta didik kini semakin memprihatinkan. Kasus-kasus seperti tawuran antarsiswa, pergaulan bebas antarmuda-mudi, dan penyalahgunaan narkoba mengisyaratkan bom waktu bahwa pelaksanaan pendidikan kita sedang mengalami gawat darurat. Melalui buku ini, Yuliharti dan Umiarso mencoba memetakan potensi dan kekayaan yang ada dalam pendidikan Islam. Selain itu, kedua penulis pakar pendidikan ini juga berupaya menawarkan konsep filosofis yang mensyaratkan adanya kepemimpinan transformasional dalam pengelolaan lembaga pendidikan Islam yang lebih berorientasi pada tujuan yang berlandaskan nilai humanis, liberasi, dan transendensi.        Tidak berlebihan jika buku ini diharapkan mampu menjadi rujukan, walaupun bukan referensi otoritatif satu-satunya, demi membangun lanskap teori manajemen pendidikan Islam dari kerangka dasar Islam. Penulis berhasil memadukan antara teori manajemen pendidikan konvensional dengan nilai-nilai profetik berdasarkan Al-Quran dan khazanah ilmu-ilmu keislaman. Terlepas dari terlalu banyaknya isu yang dimunculkan buku ini sehingga terkesan kurang fokus, upaya-upaya penting yang ditawarkan penulisnya mengerucut pada satu spirit, yaitu bagaimana mengelola pendidikan Islam yang mencakup nilai-nilai humanis, liberasi, dan transendensi, itu dapat diterapkan para pemangku kebijakan lembaga pendidikan Islam dalam seluruh bangunan visi dan misi pendidikan agama sesuai semangat zaman di era gobal.

Keywords


Mengelola Pendidikan Islam Berbasis Nilai Profetik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://www.malang-post.com/ragam/budaya/mengelola-pendidikan-islam-berbasis-nilai-profetik?start=1