Media Sosial dalam Pilkada

Sugeng Winarno

Abstract


Aktivitas selama online juga sangat tinggi, diantara para pengguna medsos, 90 persen pengguna paling sering mengakses aplikasi chatting. Sebanyak 50 persen pemilik smartphone mengecek telepon pintarnya tiap 5 sampai 10 menit sekali. Konten medsos yang sering dikunjungi adalah Instagram sebanyak 19,9 juta. Indonesia menduduki posisi ke 4 dari klasemen 10 negara yang paling aktif mengunduh Google Playstore. Sementara menurut data dari South East Asia tercatat ada 106 juta pengguna aktif medsos di Indonesia. Para pengguna medsos ini rata-rata menghabiskan waktunya selama 3 jam 16 menit per hari. Sebanyak 87,4 persen penikmat medsos aktif di Indonesia (CSIS, 2017). Sementara menurut Qmee, sebuah lembaga riset, tahun 2014 memublikasikan data bahwa dalam 1 menit ada sekitar 67 ribu foto yang diunggah di Instagram, 433 ribu teks di Twitter, dan 293 ribu status yang di update di Facebook. Selama persiapan, pelaksanaan, hingga pasca Pilkada, interaksi komunikasi lewat medsos meningkat pesat. Pesan-pesan komunikasi yang muncul terkait pelaksanaan Pilkada dengan mudah kita temukan di medsos. Medsos telah dipilih oleh hampir semua kandidat untuk gerilya secara online. Pesan-pesan kampanye beredar luas lewat beragam akun medsos sang kandidat. Tim sukses (admin medsos) masing-masing pasangan dituntut kreatif mengemas pesan politik masing-masing calon.

Keywords


Media Sosial dalam Pilkada

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://www.malang-post.com/netizen/opini/media-sosial-dalam-pilkada?start=1